Abstrak


Ketebalan Minimum Paving Block Dengan Bahan Tambah Terak Dan Fly Ash Sesuai Kualitas Mutu Sni 03-0691-1996 Sebagai Suplemen Bahan Ajar Materi Mata Kuliah Teknologi Beton Ptb Fkip Uns


Oleh :
Rudy Wibisono - K1511047 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian mengenai paving block yang ditambah terak dalam volume paving block dan fly ash dalam volume semen dengan proporsi tertentu bertujuan untuk mengetahui ketebalan minimum paving block dengan bahan tambah terak dan fly ash jika ditinjau terhadap kuat tekannya berdasarkan SNI 03-0691-1996. Penelitian ini, membuat 7 variasi ketebalan dengan 2 variasi penambahan fly ash yang proporsi campuran pertama 1 pc : 6 ps : 3t, fly ash 5% dengan variasi ketebalan 7 cm, 6 cm, 5 cm, 4 cm, 3 cm dan 2 cm serta perbandingan proporsi yang ke dua adalah 1 pc : 6 ps : 3t, fly ash 10% dengan variasi ketebalan 7 cm, 6 cm, 5 cm, 4 cm, 3 cm dan 2 cm . Pada penelitian ini menggunakan faktor air semen mendekati 0,5. Semen yang digunakan dalam penelitian ini adalah semen portland tipe I dengan benda uji dites dalam umur 28 hari.
Penggunaan terak dan fly ash sebagai bahan tambah paving block dengan proporsi campuran 1 pc : 6 ps : 3t, fly ash 5% dan 1 pc : 6 ps : 3t, fly ash 10% dengan berbagai variasi ketebalan menghasilkan perubahan kuat tekan untuk tiap variasi ketebalannya yang dibuktikan dengan diagram batang perubahan kuat tekan. Ketebalan minimum paving block terdapat pada ketebalan 5 cm dengan penggunaan fly ash 10% yang menghasilkan kuat tekan rata – rata 9,861 MPa dimana pada ketebalan ini termasuk paving block mutu kelas D dengan tujuan penggunaanya adalah penggunaan pada taman.
Kontribusi peneliti untuk bidang pendidikan yaitu Bahan ajar yang dihasilkan setelah penelitian ini berupa suplemen bahan ajar tentang ketebalan minimum paving block dengan bahan tambah terak dan fly ash sesuai kualitas mutu sni 03-0691-1996 atau lebih jelasnya modul untuk mata kuliah Teknologi Beton semester III Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNS.


Kata Kunci : paving block, terak, fly ash, Ketebalan minimum paving block, Bahan Ajar paving block