Abstrak


Peran Editor News Dalam Program Berita Kompas Dewata Di PT. Mediantara Televisi Bali (Kompas Tv Dewata)


Oleh :
Ryan Aninditya Manggala - D1413060 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Media televisi mempunyai peranan pokok menyampaikan informasi, edukasi, dan entertainment. Daya tarik siaran televisi tidak bisa disangkal, mempunyai pengaruh yang kuat sehingga mampu menarik perhatian khalayak dan mempunyai dampak yang sangat kuat pula. Kekuatan tersebut bahkan dapat membentuk opini masyarakat secara global sehingga mampu mengubah dan mempengaruhi kehidupan dan perilaku penonton.
Salah satu bentuk siaran yang mempunyai fungsi informasi adalah siaran berita atau news. Dalam pengertian umum, berita atau news berarti kabar yakni pemberitahuan oleh seorang kepada orang lain mengenai sesuatu hal atau kejadian. Selain memaknai siaran berita atau news seperti tersebut di atas, masyarakat pers juga memaknai NEWS sebagai singkatan dari North, East, West, South. Artinya singkatan NEWS diartikan sebagai laporan peristiwa yang berasal dari mana-mana atau dari berbagai tempat di seluruh dunia disiarkan secara nasional atau lokal.
Sebagai televisi lokal, Kompas TV Dewata Bali mempunyai dua macam program siaran berita live dan tapping. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada proses produksinya. Proses produksi siaran berita live, siaran kata dari penyiar di studio disiarkan langsung kepada penonton pada saat itu juga dan diselingi oleh hasil liputan yang telah disunting sebelumnya. Sedangkan siaran berita tunda atau tapping diproduksi melalui proses editing baik yang berupa siaran kata dari penyiar di studio maupun hasil liputan-liputannya. Artinya siaran berita tapping menyunting berita secara keselurahan segmen mulai dari bumper in, berita utama, liputan utama, berita-berita lain hingga bumper out.
Dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media atau KKM, penulis mendapat tugas sebagai editor dalam program berita Kompas Dewata di Kompas TV Dewata, Bali baik berita live maupun tapping. Konsep setiap tayangan atau program yang disajikan oleh Kompas TV Dewata Bali baik siaran hiburan maupun berita adalah mendidik dan inspiratif, berlandaskan budaya sambil terus berupaya mengembangkan program-program yang mengedepankan sisi-sisi kemanusiaan.
Selama melaksanakan kuliah kerja media, banyak sekali pengalaman dan ilmu yang penulis dapatkan. Penulis berkesempatan banyak belajar menyunting berita, tidak hanya belajar menyunting berita di kantor, tetapi penulis juga berkesempatan mengikuti liputan ke lapangan untuk mencari berita Soft News dan Hard News. Bahkan memperoleh kesempatan pula mengikuti proses siaran berita live Kompas Dewata Sore. Semua tugas yang diberikan kepada penulis dikerjakan sesuai arahan produser siaran berita.
xv
Dari pengalaman selama Kuliah Kerja Media di Kompas TV Dewata Bali, penulis menarik kesimpulan bahwa seorang editor mempunyai peran yang sangat penting dalam segala program penyiaran. Penulis betul-betul mengalami bagaimana tugas dan tanggung jawab menjadi seorang editor. Seorang editor selalu dituntut mempunyai produktivitas yang tinggi, semua tugas harus dikerjakan secara cepat dan sesuai deadline. Dengan demikian dalam setiap penyelenggaraan siaran khususnya pada divisi news diperlukan banyak editor agar tidak kewalahan saat proses pra produksi, produksi, hingga pasca produksi.


Kata Kunci : Proses Editing, News, Televisi Lokal