Abstrak


Peran Cameraman Studio Dalam Siaran Berita Liputan 6 Pagi Di Sctv


Oleh :
Ryan Fahmi - D1413061 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Tingginya permintaan masyarakat Indonesia akan informasi menyebabkan bertambahnya stasiun televisi lokal maupun nasional. Saat ini pun masyarakat dapat melakukan akses untuk mendapatkan informasi melalui berbagai media. Dengan keinginan masyarakat yang haus akan informasi, maka lahirlah salah satu televisi swasta pada era orde baru yaitu Surya Citra Televisi (SCTV).
Surya Citra Televisi atau SCTV adalah sebuah stasiun televisi swasta nasional di Indonesia yang lahir hampir bersamaan dengan RCTI pada tahun 1980-an dengan pusat siaran di Surabaya. Saat itu SCTV sepakat bekerja sama dengan RCTI untuk membentuk lembaga produksi informasi yang kemudian dinamakan PT. Sindo (Seputar Indonesia). Liputan 6 merupakan sebuah produk SCTV yang berada di Jakarta dibawah kendali Sumita Tobing dengan beranggotakan dua belas orang dalam satu tim produksi. Liputan 6 tayang dalam empat waktu yang berbeda, yaitu Pagi, siang, Petang dan Malam.
Liputan 6 Pagi terdiri atas enam segmen yang berbeda. Tayang pada pukul 04.00 WIB memaparkan berita dari segi Politik dalam dan luar negeri, Kriminal, Budaya, Olahraga, hingga berita yang inovatif yang dapat memotivasi penonton. Dengan dipandu oleh dua orang news Anchor yang membawakan acara tersebut dengan semangat dan interaktif, acara Liputan 6 Pagi termasuk dalam acara berita yang banyak peminatnya menurut lembaga survei di Indonesia.
Dalam pelaksanaannya, laporan ini memaparkan tentang Kuliah Kerja Media (KKM) Mahasiswa di PT. Surya Citra Televisi (SCTV) dengan tugas sebagai Juru Kamera dan bekerja di studio dalam acara liputan 6 pagi. Tugas yang telah dilakukan adalah mulai dari men-setting tempat untuk siaran liputan 6 pagi baik Biro Daerah (taping) maupun Live, mempelajari penggunaan CCU (camera control unit) dan Mixer Lighting dalam tiap acara berita di SCTV, mempelajari switcher, dan bekerja sebagai pendamping program director di program liputan 6 pagi biro daerah, serta menjadi Juru kamera baik menggunakan pedestal maupun Jimmy Jib.


Kata Kunci : Juru Kamera, Televisi, Liputan 6 Pagi