Abstrak


Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile Untuk Penelusuran Rute Optimal Transportasi Umum Di Kota Surakarta Dengan Algoritma A


Oleh :
Sannidhya Sekar Tiara - M0510039 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Surakarta merupakan kota yang menjadi ikon tersendiri di provinsi Jawa Tengah. Selain memusatkan kemajuan di bidang perdagangan, Surakarta juga terkenal sebagai kota pusat budaya Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata yang menarik. Untuk mendukung potensi kota Surakarta tersebut, dukungan sarana dan prasarana mutlak diperlukan, salah satunya adalah transportasi umum. Namun karena kurangnya sarana publikasi akses informasi mengenai rute atau jalur yang dilalui transportasi umum, hal ini dapat mengakibatkan masyarakat, terutama wisatawan luar kota, menjadi bingung dalam memilih transportasi umum yang tepat. Untuk itu, penelitian ini mengusulkan dibangunnya sebuah Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis mobile dengan menerapkan algoritma A* (A Star) untuk memberikan rekomendasi transportasi umum yang optimal berdasarkan perkiraan waktu tempuh.
Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pengumpulan dan Pengolahan Data, Analisa dan Perancangan Sistem, Implementasi Sistem, serta Pengujian dan Verifikasi Sistem. Dalam penelitian ini, berhasil dibangun sebuah SIG berbasis mobile dengan platform Android yang menerapkan algoritma A* untuk memberikan rekomendasi transportasi umum yang optimal.
Hasil pengujian dengan metode blackbox testing menunjukkan bahwa aplikasi telah berjalan cukup baik. Verifikasi sistem oleh sepuluh responden mencapai tingkat penilaian 4.075 dari skala 1 sampai 5.


Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Rute Optimal, Transportasi Umum, Algoritma A