;

Abstrak


Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Dan Think Pair Share (Tps) Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Kelas Vii Smp Negeri Se-Kab Lombok Utara Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
A K Uswatun Hasanah - S851408002 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Model pembelajaran mana yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran NHT, TPS atau model pembelajaran langsung, (2) pada kecerdasan emosional, mana yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik Kecerdasan Emosional tinggi, sedang atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran (NHT, TPS dan pembelajaran langsung), mana yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, peserta didik yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah, (4) pada masing-masing Kecerdasan Emosional (tinggi, sedang, and rendah), model mana yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model NHT, TPS atau model pembelajaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 3. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri di kabupaten Lombok Utara tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan stratified claster random sampling. Sampel berjumlah 309 peserta didik: 103 peserta didik untuk kelas eksperimen 1, 102 peserta didik untuk kelas eksperimen 2, dan 104 peserta didik untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional dan tes prestasi belajar. Teknik analisi data yang digunakan adalah Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan dengan sel tak sama.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model pembelajaran NHT menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran TPS dan model pembelajaran langsung, model pemebelajaran TPS menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung. (2) Prestasi belajar matematika peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah, prestasi belajar matematika peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang lebih baik daripada peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah. (3) Pada model pembalajaran NHT, peserta didik dengan Kecerdasan Emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah, peserta didik dengan Kecerdasan Emosional rendah mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada peserta didik dengan
viii
kecerdasan emosional rendah; Pada model pembelajaran TPS, peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah, peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar matematika yang sama; Pada model pembelajaran langsung, peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang sama, peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah. (4) Pada peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi, model pembelajaran NHT menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan model pembelajaran TPS, model pembelajaran TPS menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan model pembelajaran langsung, model pembelajaran NHT menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada model pembelajaran langsung; Pada peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang, model pembelajaran NHT menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan model pembelajaran TPS dan langsung; Pada peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah, model pembelajaran NHT, TPS dan langsung menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama.


Kata kunci : Numbered Heads Together, Think Pair Share, Model Pembelajaran Langsung dan Kecerdasan Emosional.