Abstrak


Peningkatan Pemahaman Konsep Daur Air Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectualy (Savi)


Oleh :
Achmad Nurcahyo Eko Saputro - K7112001 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Daur Air Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectualy (SAVI) pada siswa kelas V SD Negeri 01 Gantiwarno Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.
Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pemahaman konsep daur air, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectualy (SAVI). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 1 Gantiwarno Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis, serta teknik analisis deskriptif komparatif yang mempunyai empat buah komponen yaitu pengolahan data, penyajian data, analisis, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SD N 1 Gantiwarno Karanganyar dapat meningkat melalui penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectualy (SAVI. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakannya tindakan nilai rata-rata kelas 58,5 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 32,14%, siklus I nilai rata-rata kelas 72,71 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 67,86%, dan siklus II nilai rata-rata kelas 84,25 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 96,43%.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SD N 1 Gantiwarno Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.


Kata kunci : pemahaman konsep daur air dan Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectualy (SAVI)