;

Abstrak


Analisis Psikologis Tokoh Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Perguruan Tinggi


Oleh :
Adenarsy Avereus Rahman - S841502001 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendeskrisipkan dan menjelaskan: (1) perwatakan tokoh-tokoh utama dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak; (2) aspek psikologi id tokoh-tokoh dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak; (3) aspek psikologi ego dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak; (4); aspek psikologi superego dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak; (5) nila pendidikan karakter dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak; (6) relevansi aspek psikologis dan nilai pendidikan karakter pada novel Amba karya Laksmi Pamuntjak untuk pembelajaran sastra di perguruan tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data dan data yang digunakan adalah dokumen berupa hasil hasil telaah dari novel Amba berupa kata dan kalimat serta hasil wawancara dengan informan, sedangkan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teori dan trianggulasi sumber data dan teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu melalui tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitan (1) perwatakan tokoh-tokoh utama menggunakan cara sudut pandang “diaan” mahatahu dan sudut pandang pertama “akuan” sertaan. (2) aspek id pada tokoh-tokoh dalam novel Amba berasal dari naluri kehidupan dan naluri kematian sebagai wujud untuk bertahan atau memnuhi kebutuhan. (3) aspek ego yang ada dalam tokoh-tokoh novel Amba, berfungsi sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan, denganmencari jalan atau cara serta objek yang bisa digunakan sebagai sara untuk memenuhi kebutuhan. (4) aspek superego dipelihatkan bahwa adanya kepatuhan dalam menjalani aturan-aturan yang ada dalam. (5) nilai pendidikan tanggunng jawab yang menonjol dalam novel Amba. (6) novel Amba relevan dengan pembelajaran sastra di perguruan tinggi berdasarkan hasil kajian aspek psikis dan nilai pendidikan karakter. Serta novel Amba relevan bila dijadikan sebagai bahan ajar untuk pembelajaran sastra. hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif materi pembelajaran sastra. Dengan menggunakan pembelajaran sastra, siswa diajarkan untuk bisa mengpresiasi karya sastra secara tepat baik dari segi memaknainya. Maka pembelajaran tersebut akan mampu membentuk psikologi siswa yang berdampak pada prestasi akademik dan pengembangan karakter.


Kata kunci : Psikologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, Novel Amba, Pembelajaran Sastra Perguruan Tinggi.