Abstrak


Penentu niat beli produk ramah lingkungan (Studi pada Produk AC Ramah Lingkungan di Wilayah Kota Surakarta)


Oleh :
Alfi Abrar Tifani - F0211007 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Isu pemanasan global telah menjadi pembahasan komunitas internasional. Sejak beberapa dekade terakhir kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan semakin meningkat, kondisi ini cukup memaksa konsumen untuk lebih peduli terhadap fenomena alam yang terjadi. Salah satu caranya dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan dalam penelitian ini berfokus pada produk ac ramah lingkungan (non-cfc). Disisi lain penyedia teknologi juga dituntut untuk memfasilitasi usaha masyarakat terkait pelestraian lingkungan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pengetahuan produk, terhadap hubungan antara presepsi risiko, presepsi nilai, pada sikap dan niat beli konsumen terhadap produk ac ramah lingkungan.
Populasi penelitian ini adalah masyarakat di kota Surakarta. Sampel diambil sebanyak 150 masyarakat di kota Surakarta dengan usia diatas 20 tahun dan berpenghasilan mandiri dengan teknik purposive sampling dan data primer diperoleh dari kuesioner. Data yang diperoleh diuji dengan analisis deskriptif, dan uji hipotesis menggunakan software Partial Least Squaren (PLS).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa presepsi risko berpengaruh negatif pada sikap terhadap pembelian produk ramah ac ramah lingkungan, kemudian terdapat prespsi nilai pada sikap terhadap niat beli produk tersebut, dan terdapat pengaruh sikap terhadap niat beli produk ac ramah lingkungan. Namun tidak terdapat interaksi hubungan pengetahuan produk pada sikap konsumen terhadap niat beli produk ramah lingkungan
Kata Kunci: Presepsi Risiko, Presepsi Nilai, Sikap, Pengetahuan Produk, dan Niat Beli produk ramah lingkungan