Abstrak


Pengaruh penyuluhan dengan metode demonstrasi terhadap keterampilan tentang sadari pada ibu menopause di puskesmas Pucang Sawit


Oleh :
Maria Falentina Iu - R1115058 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Pemeriksaan  payudara sendiri adalah sangat penting sebagai langkah  awal untuk mendeteksi kanker payudara. Penyuluhan tentang pemeriksaan payudara sendiri dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan ibu menopause dalam  melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan metode demonstrasi terhadap keterampilan tentang SADARI pada ibu menopause di Puskesmas Pucang Sawit. 
 
Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental. Besar populasi adalah 157 ibu-ibu menopause. Besar sampel dalam penelitian adalah 40 ibu menopause yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Responden penelitian dibagi menjadi dua kelompok, 20 ibu sebagai kelompok eksperimen dan 20 ibu sebagai kelompok kontrol. Cara pengumpulan data menggunakan checklist. Teknik analisis data menggunakan uji  Wilcoxon dan Mann Withney. 

Hasil: Rata-rata tingkat keterampilan pada kelompok eksperimen setelah diberikan penyuluhan sebesar 6,9, sedangkan rata-rata tingkat keterampilan pada kelompok kontrol sebesar 4,1. Hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) artinya terdapat pengaruh penyuluhan dengan metode demonstrasi terhadap keterampilan tentang Sadari pada ibu menopause di Puskesmas Pucang Sawit dengan nilai signifikan (p) sebesar 0,000.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh penyuluhan terhadap keterampilan setelah diberikan penyuluhan dengan metode demonstrasi pada ibu menopause di Puskesmas Pucang Sawit Surakarta. 

Kata Kunci        : penyuluhan , metode demonstrasi, keterampilan