Abstrak


Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihanprofesi Sebagai Akuntan Publik Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi


Oleh :
Adnan Ciputra - F1313003 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa akuntansi transfer di Surakarta dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Faktor-faktor tersebut diukur dengan variabel independen penghargaan finansial atau gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, dan pengaruh orang tua.
Ruang lingkup penelitian ini yaitu mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta dan mahasiswa akuntansi Universitas Swasta di Surakarta angkatan 2013-2014. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah logistic regression dengan menggunakan software SPSS release 17.0.
Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Penghargaan finansial atau gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai – nilai sosial, lingkungan kerja, dan pengaruh orang tua berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik oleh mahasiswa akuntansi transfer di Surakarta. Sementara itu faktor pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik oleh mahasiswa akuntansi transfer di Surakarta.


Kata Kunci : Penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, pengaruh orang tua, Pemilihan Karir, Akuntan publik