Abstrak


Analisis Sistem Perekrutan Dan Seleksi Karyawan Pada Pt. Komunika Mitra Pratama Sukoharjo


Oleh :
Ahmad Hamim Anshori - F3513006 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Sumber Daya Manusia merupakan salah faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan disamping faktor lainnya seperti modal. Tujuan sumber daya manusia untuk meningkatkan dukungan sumber daya manusia dalam usaha meningkatkan efektivitas organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prosedur perekrutan dan seleksi karyawan pada PT. Komunika Mitra Pratama Sukoharjo.
Dalam penulisan laporan tugas akhir ini, penulis melakukan penelitian dengan Objek yang diteliti yaitu PT. Komunika Mitra Pratama yang berlokasi di Solobaru Kabupaten Sukoharjo. Data yang digunakan menggunakan data primer dan sekunder. Analisis pembahasan dalam penelitian ini bersifat deskriptif.
Berdasarkan hasil dari wawancara dan pengumpulan data yang dilakukan dengan HRD, kendala yang dihadapidalam rekrutmen yaitu sulitnya mencari calon karyawan yang sesuai dengan criteria perusahaan, proses seleksi dilakukan dalam proses yang lama dikarenakan banyak yang mendaftar, dan sulitnya menghubungi calon karyawan yang lolos. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur perekrutan dan seleksi karyawan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam rekrutmen.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa perusahaan sudah melakukan penerapan perekrutan dan seleksi karyawan sesuai dengan standart yang telah ditetapkan perusahaan. Namun dalam prosesnya masih terjadi kendala dimana staf yang melakukan perekrutan kesulitan dalam menentukan calon karyawan yang berkompeten dan proses rekrutmen yang lama dikarenakan banyaknya pendaftar.
Saran yang dapat peneliti berikan yaitumelakukan penilaian dan wawancara dengan selektif, mendalam dan lebih disiplin. Selain itu menambah staf yang melakukan perekrutkan dan menentukan batasan jumlah pelamar supaya tidak terlalu banyak pelamar sehingga proses rekrutmen dapat dilakukan dengan cepat.


Kata Kunci : Perekrutan, Seleksi Karyawan