Abstrak


Perbedaan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa D Iii Kebidanan Stikes Aisyiyah Surakarta


Oleh :
Anita Chaerunisa - R1115006 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Metode pembelajaran adalah teknik yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik, diantara macamnya adalah problem based learning dan ceramah. Guna mengetahui kemampuan peserta didik setelah pembelajaran diperlukan evaluasi belajar berupa hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran problem based learning dan ceramah terhadap hasil belajar mahasiswa D III Kebidanan STIKES Aisyiyah Surakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan penelitian the non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik semester IV STIKES Aisyiyah Surakarta berjumlah 89 peserta didik. Teknik sampling menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Independent T-Test.
Hasil: Rerata nilai pada kelas problem based learning adalah 82,04 (Sangat baik), sedangkan rerata nilai pada kelas ceramah adalah 73,91 (Baik). Hasil analisis test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat perbedaan metode pembelajaran problem based learning dan ceramah terhadap hasil belajar mahasiswa D III Kebidanan STIKES Aisyiyah Surakarta
Simpulan: Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa D III Kebidanan dengan hasil belajar yang lebih baik pada metode problem based learning dibandingkan dengan metode ceramah.


Kata Kunci : metode pembelajaran, problem based learning, ceramah, hasil belajar.