Abstrak


Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi Usia 0 – 6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Gajahan Surakarta


Oleh :
Annisa Widya Panduwinata - R1115009 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang:. ASI makanan terpenting dan bermanfaat untuk kesehatan bayi, dan sekarang ini tidak semua bayi mendapatkan ASI dari ibunya, ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya ibu bekerja, pengetahuan tentang ASI yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor umur, pendidikan, pekerjaan dan pengetahuan yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi umur 0-6 bulan diwilayah kerja Puskesmas Gajahan Surakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan cluster sampling. Besar sampel adalah 53 responden yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan komparasi chi square dan fisher's exact test jika tidak memenuhi syarat dengan α 0,05.
Hasil: hasil dari penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara umur dengan pemberian ASI eksklusif dengan nilai p = 0,323 ,terdapat hubungan antara pendidikan dengan pemberian ASI eksklusif dengan nilai p = 0,000, terdapat hubungan antara pekerjaan dengan pemberian ASI eksklusif dengan nilai p = 0,005, terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi umur 0-6 bulan dengan nilai p = 0,009.
Simpulan: terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan, pekerjaan dan pengetahuan dengan memberian ASI eksklusif, dan tidak ada hubungan antara umur dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi umur 0-6 bulan di wilayah kerja puskesmas Gajahan Surakarta.

Kata kunci : ASI eksklusif, umur, pendidikan, pekerjaan, pengetahuan.