Abstrak


Perbedaan Efektivitas Antara Minuman Jahe Dan Minuman Kunyit Terhadap Pengurangan Nyeri Haid


Oleh :
Atina Hasanah Khansa - R1115014 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang : Nyeri haid adalah rasa kram yang terpusat di perut bagian bawah yang harus segera diatasi karena dapat mempengaruhi fungsi mental dan fisik individu. Pengobatan herbal merupakan upaya penanganan nyeri haid dengan menggunakan tanaman herbal seperti jahe dan kunyit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara minuman jahe dan minuman kunyit terhadap pengurangan nyeri haid.
Metode : Eksperimen semu dengan rancangan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan kelompok pembanding eksternal. Teknik sampling menggunakan total sampling. Besar sampel adalah 22 siswi yang memenuhi kriteria restriksi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan menilai skala nyeri menggunakan lembar penilaian skala nyeri haid sebelum dan sesudah intervensi kemudian membandingkan hasil intervensi dari kedua kelompok. Analisis data menggunakan Uji Mann Whitney.
Hasil : Uji Mann Whitney menghasilkan nilai p 0,009 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan skala nyeri yang signifikan antara kelompok jahe dan kelompok kunyit sesudah pemberian intervensi dan rerata nyeri setelah perlakuan pada kelompok jahe (0,45) < rerata nyeri kelompok kunyit (1,45).
Simpulan : Minuman jahe lebih efektif daripada minuman kunyit terhadap pengurangan nyeri haid.


Kata Kunci : nyeri haid, jahe, kunyit