;

Abstrak


Pengaruh Dukungan Manajemen Terhadap “Value-Added Internal Audit” (Studi Atas Persepsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah Pada Inspektorat Kementerian/Lembaga Di Indonesia)


Oleh :
Deshinta Wijayanti - S431408005 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor yang mempengaruhi value-added internal audit pada inspektorat di kementerian/lembaga pemerintah non kementerian di Indonesia. Penelitian ini menguji pengaruh dukungan manajemen terhadap value-added internal audit yang dimediasi oleh staffing, budaya dan hubungan organisasi, dan struktur tata kelola. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner. Responden penelitian berjumlah 161 auditor dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan snowballing. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan manajemen berpengaruh terhadap value-added internal audit. Selanjutnya, staffing, budaya dan hubungan organisasi, dan struktur tata kelola terbukti memediasi hubungan antara dukungan manajemen terhadap value-added internal audit.


Kata kunci : Value-added internal audit, dukungan manajemen, staffing, budaya dan hubungan organisasi, struktur tata kelola