Abstrak


Pengaruh senam nifas terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada ibu nifas


Oleh :
Ani Mu’tamaroh - R.1115004 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Senam nifas merupakan salah satu asuhan pada masa nifas yang dilakukan untuk mengembalikan perubahan-perubahan yang terjadi pada masa hamil dan persalinan, yaitu mempercepat penurunan tinggi fundus uteri serta mencegah subinvolusi dan komplikasi perdarahan lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam nifas terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada ibu nifas.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental. Populasi adalah semua ibu yang melahirkan di BPS Sri Lumintu Surakarta pada bulan Februari - Maret 2016. Besar sampel dalam penelitian adalah 30 responden, yang diambil menggunakan teknik quota sampling. Responden penelitian dibagi menjadi dua kelompok, 15 responden sebagai kelompok eksperimen dan 15 responden sebagai kelompok kontrol. Cara pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan pengukuran tinggi fundus uteri menggunakan pita ukur. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent sample t-test.
Hasil: Rerata fundus uteri pada kelompok eksperimen sebesar 4,09, sedangkan rerata tinggi fundus uteri pada kelompok kontrol sebesar 5,86. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat perbedaan tinggi fundus uteri antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Simpulan: Terdapat pengaruh senam nifas terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada ibu nifas.
Kata Kunci : Senam nifas, penurunan tinggi fundus uteri