Abstrak


Hubungan antara pengetahuan tentang vulva hygiene dan kejadian keputihan pada wanita perimenopause di Desa Mojo Kecamatan Andong Boyolali


Oleh :
Rina Hidayati - R.1115079 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Wanita perimenopause mengalami penurunan hormon estrogen sehingga dapat menyebabkan vagina menjadi kering dan menjadikan vagina terjadi infeksi sehingga dengan mudah dapat terjadi keputihan. Pengetahuan vulva hygiene yang baik akan menghindari wanita dari kejadian keputihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan vulva hygiene dan kejadian keputihan pada wanita perimenopause.
Metode: Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan probability sampling dengan teknik stratified random sampling. Besar sampel adalah 121 wanita yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji chi square.

Hasil: Tingkat pengetahuan responden mayoritas cukup 51(42.1%), dari 121 responden yang mengalami keputihan terdapat 80 responden(66.1%). Hasil uji chi squere p=0.001, r yaitu 0.325.
Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan vulva hygiene dan kejadian keputihan.

Kata Kunci: pengetahuan vulva hygiene, keputihan, perimenopause