Abstrak


Perbedaan perawatan tali pusat terbuka dan kasa kering dengan lama pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir


Oleh :
Dia P 2016 - R.1115026 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Perawatan tali pusat adalah perbuatan merawat atau memelihara pada tali pusat bayi setelah tali pusat dipotong sampai sebelum lepas. Salah satu penyebab infeksi yang terjadi pada bayi ialah tetanus neonatorum. Penyakit ini menginfeksi bayi baru lahir yang salah satunya disebabkan oleh teknik perawatan tali pusat yang salah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan mengetahui perbedaan perawatan tali pusat terbuka dan kasa kering dengan lama pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan Cohort. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar sampel 80 responden yaitu pada kelompok kontrol sebanyak 40 responden dan 40 responden pada kelompok kasus yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan rekam medik responden. Teknik analisis data menggunakan Chi-Square.

Hasil: Responden yang dirawat dengan kasa kering dengan jumlah 40 responden terdapat 31 responden (77.5%) dengan lama pelepasan tali pusat 1-7 hari dan 9 responden (22.5%) dengan lama pelepasan tali pusat >7 hari. Responden yang dirawat dengan perawatan terbuka dengan jumlah 40 responden terdapat 38 responden (95%) dengan lama pelepasan tali pusatnya berkisar antara 1-7 hari dan 2 responden (5%) dengan lama pelepasan tali pusat >7 hari. ?value (0.023) < a (0.05) maka H0 ditolak atau Ha diterima. 

Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara perawatan tali pusat terbuka dan kasa kering dengan lama pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir.

Kata Kunci        : perawatan terbuka, kasa kering, tali pusat