Abstrak


Hubungan status gizi dan kejadian premenstrual syndrome pada mahasiswi prodi diii kebidanan fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Yunita Dwiningtyas - R.1115092 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Keadaan gizi berpengaruh terhadap status gizi seseorang. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kerja dalam tubuh, salah satunya adalah gangguan metabolisme. Gangguan metabolisme dan gaya hidup yang tidak sehat (terutama faktor nutrisi) turut berperan dalam menyebabkan PMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan kejadian premenstrual syndrome pada mahasiswi Prodi D3 Kebidanan FK UNS.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Prodi D3 Kebidanan FK UNS Surakarta pada tanggal 25 April 2016 sampai dengan 23 Mei 2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dengan 151 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen penelitian yaitu menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Lambda.
Hasil: Uji statistik menggunakan sistem komputerisasi dengan menggunakan uji lambda pada tingkat kemaknaan 95% (a = 0,05). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kekuatan korelasi r = 0,303; p=0,047. Hal ini berarti bahwa ada hubungan positif yang bermakna dengan kekuatan lemah antara status gizi dan premenstrual syndrome pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan FK UNS.
Simpulan: Remaja yang memiliki status gizi diatas normal memiliki kecenderungan untuk terjadi premenstrual syndrome.
Kata kunci: Status Gizi, Premenstrual syndrome, Remaja