Abstrak


Inovasi produk dan pelayanan rumah makan ayam geprek mbok moro di kota Yogyakarta (Pendekatan Analisis Quality Function Deployment)


Oleh :
Aryo Wicaksono - F0211019 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alternatif inovasi terbaik yang dapat diprioritaskan untuk diaplikasikan di Rumah Makan ‘Ayam Geprek Mbok Moro’ di Kota Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi daftar kebutuhan pelanggan dan daftar respon teknis berupa alternatif inovasi berdasarkan kebutuan pelanggan Rumah Makan ‘Ayam Geprek Mbok Moro’. Daftar kebutuhan pelanggan dan respon teknis berupa alternatif inovasi menjadi input untuk mengidentifikasi alternatif inovasi terbaik yang dapat diprioritaskan untuk diaplikasikan pada Rumah Makan ‘Ayam Geprek Mbok Moro’ di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan survei dan wawancara. Sampel untuk survei yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 171 responden yaitu pelanggan Rumah Makan ‘Ayam Geprek Mbok Moro’. Sementara narasumber pewawancara adalah supervisor, manajer operasional, owner, dan seorang pakar. Teknik sampling yang digunakan adalah disproportionate unstratisfied random sampling. Pengumpulan data dalam survei ini menggunakan kuesioner, kemudian data survei digunakan sebagai dasar untuk memperoleh data wawancara. Data yang terkumpul dari survei diolah menggunakan Excel 2013. Data survei bersama data wawancara dianalisis dengan pendekatan Quality Function Deployment, yaitu dengan membangun House of Quality fase pertama.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 21 kebutuhan pelanggan dan 24 respon teknis berupa alternatif inovasi. Analisis menggunakan House of Quality fase pertama menghasilkan alternatif inovasi ‘Mencari SDM Berpengalaman Kuliner’, sebagai alternatif inovasi terbaik yang dapat diprioritaskan untuk diaplikasikan pada Rumah Makan ‘Ayam Geprek Mbok Moro’ di Kota Yogyakarta.
Kata Kunci: Inovasi, produk, pelayanan, quality function deployment