Abstrak


Upaya meningkatkan minat pendengar untuk mendengarkan bahasa mandarin melalui program “wo ai metta” di radio metta fm Surakarta


Oleh :
Debi Reviana - C9613009 - Fak. Ilmu Budaya

Penulisan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi sebagai upaya meningkatkan minat pendengar untuk mendengarkan bahasa Mandarin melalui siaran radio program “Wo Ai Metta” di Radio Metta FM Surakarta. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peran bahasa Mandarin dalam dunia kepenyiaran, serta mendeskripsikan upaya meningkatkan minat pendengar untuk mendengarkan bahasa Mandarin.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini melalui observasi langsung, pengamatan, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat pendengar yang berantensi dalam program “Wo Ai Metta” di Radio Metta FM Surakarta cukup baik. Penyiar harus mampu memahami dan menggunakan bahasa Mandarin dengan baik dan benar, hal itu dibuktikan ketika penyiar menggunakan bahasa Mandarin setiap harinya saat siaran dan saat berinteraksi dengan pendengar, juga melalui materi kosakata yang disampaikan di program belajar bahasa Mandarin yang diadakan setiap hari Kamis pada pukul 08.00-10.00 WIB. Dengan prosentase minat pendengar meningkat menjadi 54%.

Kesimpulan dari laporan ini adalah kemampuan penyiar dalam menggunakan bahasa Mandarin melalui program “Wo Ai Metta”di Radio Metta FM Surakarta menjadi hal yang sangat penting sehingga mampu meningkatkan minat dan kemampuan bahasa Mandarin pendengar untuk mendengarkan bahasa Mandarin.  


Kata kunci :Upaya meningkatkan, Pendengar, Program “Wo Ai Metta”.