Abstrak


Hubungan inisiasi menyusu dini (imd) dengan involusi uterus pada ibu post partum normal di bpm sri lumintu Surakarta


Oleh :
Elisa Goretti Sinaga - R.1115034 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Perdarahan pasca persalinan merupakan penyebab utama dari 150.000 kematian ibu setiap tahun di dunia. Salah satu cara untuk menurunkan perdarahan pasca persalinan yaitu dengan melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) yang akan membantu mengecilkan rahim ibu (involusi uterus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan involusi uterus pada ibu post partum normal di BPM Sri Lumintu.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain survei analitik dengan pendekatan cohort.  Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar sampel adalah 48 ibu post partum yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan rekam medik responden. Teknik analisis data menggunakan Spearman.

Hasil: Rata-rata waktu yang diperoleh bayi responden untuk berhasil melakukan IMD adalah 59.92 menit, dan hasil pengukuran TFU setelah plasenta lahir mempunyai nilai rata-rata sebesar 13.5 cm dan 6 hari post partum sebesar 5.35 cm. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh p-value 0.000.

Simpulan: Terdapat hubungan antara Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan involusi uterus pada ibu post partum normal di BPM Sri Lumintu Surakarta.


Kata Kunci    : Inisiasi menyusu dini, Involusi uterus , Post partum