Abstrak


Hubungan lamanya penggunaan iud dengan kejadian keputihan di wilayah kerja puskesmas Ngoresan Surakarta


Oleh :
Eka Oktaviana Desy Kusumarini - R1115032 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Salah satu efek samping dari penggunaan IUD adalah keputihan. Keputihan adalah sekresi vaginal abnormal pada perempuan. Semakin lama penggunaan IUD maka akan semakin beresiko mengalami keputihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lamanya penggunaan IUD dengan kejadian keputihan.
Metode : Desain penelitian analitik dengan pendekatan metode cross sectional. Teknik sampling menggunakan kuota sampling. Besar sampel adalah 30 akseptor IUD yang memenuhi kriteria restriksi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara menggunakan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan Uji Lambda.
Hasil : Responden dengan lama penggunaan IUD <1 tahun berjumlah 15, responden dengan lama penggunaan IUD ≥1 tahun berjumlah 15. Responden yang mengalami keputihan berjumlah 18 responden, yang tidak mengalami keputihan berjumlah 12 responden. Uji Lambda menghasilkan p-value 0.002 < 0.05 dan nilai r 0.630 yang menunjukkan adanya hubungan antara lamanya penggunaan IUD dengan kejadian keputihan dengan keeratan hubungan kuat dan arah positif.
Simpulan : Semakin lama penggunaan IUD maka semakin beresiko mengalami keputihan. 

Kata Kunci : Lama Penggunaan IUD, Keputihan