Abstrak


Pembuatan mister jaki, aplikasi pencarian jasa servis di kentingan berbasis mobile android


Oleh :
Anggit Muttaqin - M3113019 - Fak. MIPA

Daerah Kentingan yang merupakan daerah dekat dengan Kampus, yaitu Universitas Sebelas Maret dan Institut Seni Indonesia membuat sebagian penduduknya adalah para pendatang dan mahasiswa kos. Sebagai mahasiswa baru atau pendatang yang akan mencari jasa, tentunya informasi tentang data-data atau informasi terkait jasa akan sangat mebantu dalam berbagai keperluan sehari-hari untuk mengurangi hambatan untuk menemukan jasa atau service yang tepat dalam menyelesaikan masalah kerusakan. Dan mahasiswa kos atau pendatang kesulitan untuk mengetahui lokasi jasa atau service yang tepat dan tidak mengetahui arah yang tepat menuju jasa atau service yang tepat. Sehingga dibutuhkan media informasi untuk menyediakan wadah pencarian lokasi macam-macam jasa yang tersedia dan memudahkan untuk mengakses informasinya.
Aplikasi MISTER JAKI berbasis Android yang dibangun menjadi dua bagian yaitu aplikasi android dan Web Admin. Web Admin digunakan admin untuk memantau informasi user dan tempat usaha juga untuk memverifikasi data tempat usaha. Aplikasi android digunakan user pencari dan user pemilik untuk melakukan pencarian jasa berdasarkan nama jasa, kategori, maupun lokasi sekitar. User pemilik dapat mengunggah data jasanya pada aplikasi sehingga dapat muncul pada pencarian.
Web Admin dibangun menggunakan bahasa pemrograman php dengan framework Codeigniter. Sedangkan aplikasi Android dibangun menggunakan bahasa pemrograman java dengan menggunakan IDE Android Studio 2.0. Perancangan sistem dalam pembuatan aplikasi Mister JAKI ini yaitu, tabel kebutuhan fungsional, Use Case Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, Activity Diagram, dan ER diagram untuk perancangan Basis Data.
Pembuatan Aplikasi MISTER JAKI ini diharapkan dapat menyediakan wadah pencarian lokasi macam-macam jasa yang diunggah oleh pemilik jasa dan bagi pencari jasa memudahkan untuk mengakses informasi jasa yang tersedia.
Kata kunci : Android, Aplikasi, Jasa, GPS