Abstrak


Hubungan antara karakteristik petani dan sifat inovasi dengan pengambilan keputusan penerapan kembali budidaya padi non organik Studi Kasus di Dukuh Tegalrejo Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen


Oleh :
Ni Ajeng Intan Permatasari - H.0812127 - Fak. Pertanian

Pertanian Padi Organik merupakan salah satu inovasi di Bidang Pertanian beberapa tahun terakhir. Inovasi yang mengarah pada sistem pertanian berkelanjutan dimana mulai sadar dengan kondisi kesehatan lingkungan.Inovasi pertanian padi organik muncul setelah inovasi pertanian padi secara kimiawi, hal ini terjadi karena dengan penggunaan bahan kimia yang berlebihan mengakibatkan kerusakan lingkungan sehingga harus ada perbaikan. Pertanian padi secara organik dapat memperbaiki lingkungan, terutama pada lahan pertanian yang rusak akibat penggunaan bahan kimia secara berlebihan. Di Dukuh Tegalrejo ini terdapat beberapa petani yang pernah menerapkan pertanian padi secara organik. Petani tersebut didukung oleh pemerintah setempat dengan pemberian subsidi peternakan untuk menunjang pupuk organik.Namun setelah beberapa tahun, petani tersebut justru kembali menerapkan pertanian padi secara non organik. Kondisi ini menjadi hal menarik untuk diteliti oleh peneliti dalam pemenuhan tugas akhir skripsi.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik petani dan sifat inovasi dengan pengambilan keputusan penerapan kembali pertanian padi non organik di. Untuk mengetahui hubungan tersebut digunakan analisis korelasi Rank Spearman (rs). Penelitian ini merupakan penelitian kasus yang lokasi penelitiannya ditentukan secara sengaja berdasarkan kasus itu berada. Metode pengambilan sampel secara sensus dipilih karena jumlah populasi yang sedikit dan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini adalah petani yang sudah kembali menerapkan pertanian padi secara non organik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang nyata antara karakteristik petani yaitu umur, pendidikan formal, pendidikan non formal, luas usahatani yang diusahakan, pengalaman bertani padi organik dan pengalaman bertani padi non organik dengan pengambilan keputusan petani keputusan penerapan kembali pertanian padi non organik. Sifat inovasi juga mempunyai hubungan yang nyata yaitu tingkat keuntungan relatif, tingkat kesesuaian, tingkat kerumitan, tingkat kemungkinan dicoba dan tingkat kemungkinan diamati dengan pengmambilan keputusan keputusan penerapan kembali pertanian padi non organik di Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen.