Abstrak


Tindak tutur ekspresif dalam program acara preman pawon di tatv


Oleh :
Umi Latifah - C0112057 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) jenis subtindak tutur ekspresif apa saja yang terdapat dalam program acara Preman Pawon dan pemarkah lingual apa yang digunakan dalam subtindak tutur ekspresif tersebut?, (2) jenis subtindak tutur ekspresif apakah yang paling dominan dalam program acara Preman Pawon dan mengapa subtindak tutur ekspresif tersebut dominan?, (3) faktor apa saja yang melatarbelakangi adanya subtindak tutur ekspresif dalam program acara Preman Pawon? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan jenis subtindak tutur ekspresif yang terdapat dalam program acara Preman Pawon dan pemarkah lingual yang digunakan dalam subtindak tutur ekspresif tersebut, (2) mendeskripsikan jenis subtindak tutur ekspresif yang paling dominan dalam program acara Preman Pawon dan menjelaskan mengapa subtindak tutur ekspresif tersebut dominan, (3) menjelaskan faktor yang melatarbelakangi adanya subtindak tutur ekspresif dalam program acara Preman Pawon.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah video acara Preman Pawon di TATV yang didapat dari youtube. Wujud data pada penelitian ini adalah tuturan yang mengandung tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam program acara Preman Pawon di TATV. Penetapan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan dan metode kontekstual.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut (1) dalam program acara Preman Pawon terdapat 6 subtindak tutur ekspresif, yaitu memuji, mengritik, mengeluh, mengucapkan selamat, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, (2) subtindak tutur ekspresif memuji menduduki peran dominan. Hal ini karena dalam acara Preman Pawon Bowo Landa berperan sebagai host (pembawa acara) sekaligus sebagai tamu di setiap tempat makan yang dikunjunginya selalu berusaha untuk menampakkan sikap sopan santun. Tuturan memuji dituturkan dengan tujuan untuk menyenangkan mitra tutur, serta memuji merupakan cara efektif untuk mewujudkan tujuan berkomunikasi yaitu keharmonisan hidup dengan sesama. Pemarkah lingual yang paling dominan dari subtindak tutur ekspresif memuji adalah interjeksi kekaguman atau keheranan wah dan variasinya seperti wuih, waaa, wih, wuah, dan wah wah.., (3) dalam program acara Preman Pawon di TATV, faktor-faktor yang melatarbelakangi tindak tutur ekspresif berdasarkan pada konteks fisik, konteks epistemis, dan konteks sosial.
Kata kunci : tindak tutur ekspresif, program acara Preman Pawon TATV, pragmatik.