Abstrak


Bahasa dalam budaya jawa terkait aktivitas pertanian padi di Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar (kajian etnolinguistik)


Oleh :
Wahyu Fitrianingrum - C0112059 - Fak. Ilmu Budaya

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bentuk bahasa dalam budaya Jawa terkait aktivitas pertanian padi di Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar (2) Mendeskripsikan makna leksikal dan makna kultural yang terangkum dalam bahasa dan budaya Jawa terkait aktivitas pertanian padi di Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. (3) Mendeskripsikan pola pikir, pandangan hidup, dan pandangan terhadap dunia masyarakat petani di Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.
Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data lisan terkait aktivitas pertanian padi yang berasal dari informan terpilih dan data tulis yang bersumber dari buku-buku dan kamus terkait aktivitas pertanian padi. Pengumpulan data lisan menggunakan teknik wawancara, dengan teknik dasar yaitu teknik pancing, dan teknik lanjutannya teknik cakap semuka, teknik rekam, dan teknik catat. Pengumpulan data tulis menggunakan teknik studi pustaka. Analisis data menggunakan metode distribusional dan metode padan. Metode distribusional digunakan untuk menganalisis bentuk istilah terkait aktivitas pertanian padi. Sedangkan metode padan digunakan untuk menganalisis makna leksikal dan makna kultural yang terangkum dalam bahasa dan budaya Jawa terkait aktivitas pertanian padi serta pola pikir, pandangan hidup, dan pandangan terhadap dunia masyarakat petani. Metode penyajian data menggunakan metode deskriptif, formal, dan informal.
Hasil penelitian dari aktivitas pertanian padi di Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar ini ditemukan istilah terkait aktivitas sebelum dan saat menanam padi, sesudah menanam padi, saat panen dan setelah panen padi. Istilah aktivitas tersebut dikelompokkan menjadi bentuk monomorfemis, polimorfemis berupa afiksasi dan kata ulang, bentuk frase, dan bentuk klausa. Penentu makna leksikal istilah aktivitas pertanian padi adalah makna dalam kamus, sedangkan makna kultural istilah aktivitas pertanian padi meliputi tradisi yang mencerminkan cara kerja, tujuan dilakukan aktivitas tersebut. Istilah-istilah aktivitas pertanian padi di Desa Bangsri dapat menjelaskan pola pikir berupa pengetahuan masyarakat setempat yang berisi prinsip-prinsip dan aturan-aturan mempersiapkan benih, mempersiapkan lahan untuk ditanami, merawat tanaman padi, panen, mengelola hasil, dari prinsip-prinsip dan aturan-aturan tersebut dapat diketahui pandangan hidup dan pandangan mereka terhadap dunia.
Kata kunci: bahasa dalam budaya Jawa, aktivitas pertanian padi, Bangsri, etnolinguistik.