Abstrak


Pengaruh karakteristik komisaris independen dan direktur independen terhadap kebijakan dividen


Oleh :
Ceria Putri Sukaji - F1314027 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik komisaris independen dan direktur independen terhadap kebijakan dividen selama periode 2004-2014. Karakteristik komisaris independen dan direktur independen direpresentasikan menjadi proporsi, kesibukan, masa jabatan, dan kebangsaan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan sampelnya adalah seluruh perusahaan non-keuangan yang membagikan dividen dari tahun 2004-2014 yang terdiri dari 258 perusahaan dengan jumlah data observasi sebanyak 1.219.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen, masa jabatan komisaris independen, dan keberadaan komisaris independen asing memiliki pengaruh positif terhadap kebijakan dividen, sedangkan tingkat kesibukan komisaris indepeden tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Sementara itu, proporsi direktur independen dan tingkat kesibukan direktur independen memiliki pengaruh positif terhadap kebijakan dividen, sedangkan masa jabatan direktur independen dan keberadaan direktur independen asing tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen.
Kata Kunci: Karakteristik Komisaris Independen, Karakteristik Direktur Independen, Kebijakan Dividen