Abstrak


Pengaruh keterampilan dosen mengajar terhadap motivasi belajar mahasiswa tingkat ii pada mata kuliah kesehatan reproduksi dan kb diii kebidanan fk uns


Oleh :
Desi Chairani - R1115020 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Keterampilan mengajar perlu dimiliki oleh seorang dosen, karena dosen berperan dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada mahasiswa. Keterampilan mengajar tersebut diperlukan dalam rangka menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif yang mampu membangkitkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa tingkat II pada mata kuliah kesehatan reproduksi dan KB DIII Kebidanan FK UNS.
Metode : Jenis penelitian pada penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di DIII Kebidanan FK UNS. Sampel sebanyak 50 mahasiswa tingkat II yang memenuhi kriteria inklusi, dengan metode quota sampling. Variabel independen penelitian ini adalah keterampilan mengajar dosen yang diukur dengan kuesioner APKG dan variabel dependennya adalah motivasi belajar yang diukur dengan kuesioner yang sudah divalidasi. Teknik analisa data menggunakan uji Somers’d dengan program SPSS 16.0.
Hasil Penelitian : Keterampilan mengajar dosen dengan kategori cukup 28 (56%), kategori baik 20 (40%), dan kategori kurang 2 (4%). Motivasi belajar mahasiswa dengan kategori tinggi 24 (48%), kategori sedang 22 (44%), dan kategori rendah 4 (8%). Dari hasil uji Somers’d diperoleh nilai p= 0,000 dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima..
Simpulan : Ada pengaruh keterampilan mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa tingkat II pada mata kuliah kesehatan reproduksi dan KB DIII Kebidanan FK UNS.
Kata kunci : Keterampilan Mengajar Dosen, Motivasi Belajar