Abstrak


Implementasi prosedur perekrutan dan seleksi karyawan pada pd. bpr bank Solo


Oleh :
Fatchah Gustiarsa - F3513029 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Perekrutan dan seleksi karyawan merupakan salah satu tahapan pengelolaan sumber daya manusia. Tanpa adanya manusia kegiatan perusahaan tidak dapat dijalankan dengan baik. Perusahaan menyadari peranan karyawan sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Perekrutan dan seleksi karyawan digunakan untuk mencari karyawan baru yang mengisi pekerjaan yang kosong serta untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan sesuai dengan harapan perusahaan. Sehingga dengan adanya karyawan yang berkualitas tujuan-tujuan perusahaan lebih cepat tercapai.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses perekrutan dan seleksi karyawan di Bank Solo serta mengetahui kendala dan upaya yang terjadi. Penelitian ini memakai metode deskriptif, penelitian ini menggunakan data primer dengan mewawancarai bagian HRD (Human Resource Development), observasi dan data sekunder di PD. BPR Bank Solo.
Hasil dari penelitian ini yaitu perekrutan dan seleksi karyawan yang diterapkan pada PD. BPR Bank Solo sudah dilakukan dengan baik dan dilakukan secara sistematis. Namun masih terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam proses perekrutan dan seleksi karyawan tersebut, diantaranya kurang memaksimalkan media promosi lowongan kerja, sulitnya mencari karyawan yang sesuai antara jurusan dengan bidang kerjanya, dan kesulitan menghubungi karyawan saat pengumuman tes seleksi. Saran yang dapat diberikan adalah memaksimalkan promosi lowongan kerja dengan mengiklankannya pada media cetak berskala nasional, menggunakan website Bank Solo sebagai sarana promosi lowongan kerja, ikut berpartisipasi dalam acara job fair, menambahkan poin jurusan pada kriteria pelamar, dan mewajibkan pelamar mengisi nomor telepon yang dapat dihubungi.
Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Perekrutan Karyawan, Seleksi Karyawan, BPR.