Abstrak


Penerapan sistem verifikasi legalitas kayu pada surya abadi furniture guna meningkatkan kualitas barang


Oleh :
Surya Adi Prasetya - F3112060 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan kendala yang dihadapi Surya Abadi Furniture dalam menerapkan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK)
Metode penulisan yang digunakan yaitu dengan cara deskriptif analisis. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan staff dan karyawan perusahaan dan data sekunder diperoleh dari sumber bacaan lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian, Surya Abadi Furniture merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang furniture. Produk yang dihasilkan yaitu indoor dan outdoor furniture. Surya Abadi Furniture memiliki SVLK sejak tahun 2014 dan sebagian besar produknya sudah diekspor ke Amerika dan Eropa. Dalam menerapkan SVLK Surya Abadi Furniture memperoleh beberapa manfaat antara lain SVLK dapat menjadi jaminan kepercayaan bagi pelanggan sebagai bukti bahwa kayu yang digunakaan adalah legal, kayu yang memiliki SVLK harganya jauh lebih tinggi, Surya Abadi Furniture dapat memperluas pangsa pasarnya untuk mendapatkan pembeli yang baru, produk yang dihasilkan dapat diterima oleh seluruh negara, sistem tatanan manajemen perusahaan lebih teratur, serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) karyawan lebih diperhatikan. Sedangkan kendala yang dihadapi Surya Abadi Furniture antara lain lambatnya pembuatan laporan mutasi kayu bulat serta tata niaga kayu setiap bulannya untuk dilaporkan ke Sucofindo, kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi dibidang perekapan atau pencatatan mutasi dan stock neraca kayu yang dimiliki setiap bulannya, dan kurangnya kesadaran karyawan untuk menggunakan peralatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada saat jam kerja maupun dalam lingkungan pabrik.
Saran yang dapat diberikan kepada Surya Abadi Furniture yaitu melakukan perekrutan karyawan baru atau memberikan pembekalan bagi karyawan yang kurang menguasai dalam proses pencatatan laporan mutasi kayu dan stock neraca kayu, memberikan disiplin kerja kepada karyawan yang tidak menggunakan perlengkapan K3 pada waktu jam kerja serta memberi rambu-rambu kawasan berbahaya.
Kata Kunci : SVLK, Kualitas Produk.