Abstrak


Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas x melalui pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dengan media flash di smk wikarya Karanganyar tahun 2016


Oleh :
Diki Trihayatni Putri - K7412056 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X.C SMK Wikarya Karanganyar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media flash.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X.C SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 33 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi.Validitas data menggunakan validitas isi dan independen observer.Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media flash dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil penelitianrata-rata persentase keaktifan mengalami peningkatan 68,31% pada siklus I dan 87,12% pada siklus II. Persentase siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dalam prestasi belajar akuntansi meningkat sebesar 33,33% dari 54,55% ke 87,88%. Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media flashdapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X.C SMK Wikarya Karanganyar tahun 2016.
Kata kunci:keaktifan, prestasi belajar, pendekatan CTL, media flash