Abstrak


Penggunaan audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pencak silat pada siswa kelas x ipa 3 sma n 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2015/2016


Oleh :
Muhammad Rizalul Fikri - K4612102 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pencak silat melalui penggunaan audio visual pada siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini diloaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA 3 SMA N 1 Teras Boyolali yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 22 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian kemampuan pencak silat. Analisis data menggunakan deskriptif yang didasarkan pada analisis dengan prosentase.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pencak silat dari pra siklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2. Pembelajaran pencak silat sudah diajarkan di kelas tersebut seperti yang telah direncanakan dalam silabus tetapi ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran pencak silat sehingga kemampuan belajar pencak silat belum sesuai. Oleh karena itu, hasil belajar pencak silat selama pembelajan berlangsung masih belum maksimal. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang sigifikan dari pra sikluske siklus I dan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus1, hasil belajar pencak silat siswa mencapai 61, 77% atau sebanyak 21 siswa dari 34 siswa yag masuk kriteria tuntas. Pada siklus 2 hasil belajar pencak silat yang masuk kriteria tuntas juga meningkat menjadi 88,23% atau 30 siswa masuk pada kriteria tuntas dan 4 lainnya belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penggunaan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pencak silat pada siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : hasil belajar pencak silat, media pembelajaran audio visual