Abstrak


Peningkatan pemahaman konsep energi panas melalui penerapan model project-based learning (pjbl) pada pembelajaran ipa siswa kelas iv sd negeri mangkubumen lor no. 15 Surakarta tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Tri Yulia - K7112253 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep energi panas pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan model Project-Based Learning (PjBL).
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep energi panas setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan model Project-Based Learning (PjBL). Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman siswa dari sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan. Pada Pratindakan diperoleh rata-rata kelas 65,13 dan presentase kelas 31,03%, pada siklus I menjadi 72,91 dan presentase ketercapaian kelas 58,62%, dan pada siklus II menjadi 82,08 dan presentase ketercapaian kelas 89,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project-Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep energi panas pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta Tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: pemahaman konsep, energi panas, model Project-Based Learning (PjBL)