Abstrak


Fungsi Serikat Pekerja dalam Menciptakan Hubungan Industrial yang Harmonis, Dinamis dan Berkeadilan di PT Air Mancur Karanganyar


Oleh :
Apriliya Wulandari - E.0012048 - Fak. Hukum

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Fungsi serikat pekerja dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan di PT Air Mancur Karanganyar dan kendala-kendala yang dihadapi dalam hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan di PT Air Mancur Karanganyar .
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) dengan menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Dalam pengumpulan bahan hukum, penulis menggunakan studi kepustakaan (library reaserch) serta melakukan klarifikasi. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder ,dengan teknik analisis bahan hukum yang bersifat deduksi dengan metode silogisme.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Fungsi serikat pekerja dalam rangka menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan di PT Air Mancur Karanganyar pada dasarnya sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan sesuai dengan konsep Abdul Khakim perlu didukung adanya forum komunikasi, konsultasi, dan musyawarah antara pengusaha dan pekerja; kejelasan antara hak dan kewajiban yang dituangkan ke dalam bentuk PKB; sarana dan fasilitas yang mendukung; lembaga penyelesaian perselisihan, dan peningkatan keterampilan dan keahlian, namun dalam pelaksanaannya masih belum dapat berjalan optimal dikarenakan adanya kendala-kendala yaitu faktor sumber daya manusia dan kurangnya komunikasi dengan manajemen di PT Air Mancur Karanganyar.
Kata Kunci : Fungsi serikat pekerja, Hubungan Industrial, hubungan industrial yang harmonis