Abstrak


Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Quantum Writing pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banaran 04 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Yuliana Pratiwi - K7112277 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan menulis deskripsi menggunakan Quantum Writing pada siswa kelas IV SD Negeri Banaran 04 Grogol, Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016; (2) mendeskripsikan implementasi Quantum Writing dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri Banaran 04 tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Banaran 04 Grogol, Sukoharjo, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa dengan 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; dan (4) tahap refleksi. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, display/penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas nilai keterampilan menulis deskripsi pada pratindakan adalah 61,2 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 30%. Pada siklus I, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 70,1 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 63,33%. Pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 75,83 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 83,33%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) menggunakan Quantum Writing dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri Banaran 04 Grogol, Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016; (2) implementasi Quantum Writing dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dilaksanakan dalam enam tahap, yaitu (a) persiapan; (b) draft kasar; (c) berbagi; (d) perbaikan dan penyuntingan; (e) penulisan kembali; dan (f) evaluasi.
Kata kunci : Quantum Writing, keterampilan menulis deskripsi