Abstrak


Pengaruh Penggunaan Media Prezi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo


Oleh :
Dewi Kusuma Wati - K7412050 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media prezi dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media power point pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi 2 dan X Akuntansi 3 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Nonrandomized Control-Group, Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan dokumentasi dan tes. Validitas instrumen tes dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi biseral (ypbi). Instrumen tes dikatakan valid apabila nilai koefisien korelasi lebih besar dari rtabel yaitu 0,361. Reliabilitas instrumen tes dilakukan dengan menggunakan rumus Kuder Richardson (K-R 20) dan diperoleh nilai reliabilitas instrumen sebesar 0,8272. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 0,05.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media prezi dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media power point pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dengan thitung lebih besar dari ttabel (2,188>1,994). Siswa yang dibelajarkan melalui penggunaan media prezi memiliki prestasi belajar akuntansi lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan melalui penggunaan power point.
Kata Kunci : Prezi, Prestasi Belajar, Akuntansi