Abstrak


Kajian Desain Produk Batik Laweyan Sebagai Hiasan Dinding Tahun 2015-2016


Oleh :
Susi Susapti - C0912027 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah visual desain produk batik Laweyan sebagai hiasan dinding, teknik dan proses produksi batik sebagai hiasan dinding, dan latar belakang memproduksi batik sebagai hiasan dinding. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui visual desain produk batik Laweyan sebagai hiasan dinding. 2) Mengetahui teknik dan proses produksi batik sebagai hiasan dinding. 3) Mengetahui latar belakang memproduksi batik sebagai hiasan dinding.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan desain. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kampoeng Batik Laweyan, Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik cuplikan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dan wawancara. Sumber data berasal dari informan, tempat dan peristiwa/aktivitas, dokumen serta benda/objek kajian. Validitas yang digunakan adalah trianggulasi data. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif.
Hasil dari penelitian adalah 1) Visual produk batik Laweyan sebagai hiasan dinding tahun 2015-2016 bervariatif, setiap pengrajin yang memproduksi memiliki karakter dan ciri khas masing-masing, baik dari tema, olah bentuk, dan komposisi warna yang dikembangkan berbeda. 2) Teknik dan proses produksi batik sebagai hiasan dinding di Laweyan juga bervariatif, setiap pengrajin mengembangkan teknik yang berbeda, diantaranya teknik batik pekalongan, teknik batik kelengan, dan teknik batik kombinasi. 3) Latar belakang memproduksi batik sebagai hiasan dinding di Laweyan dipengaruhi beberapa faktor, antara lain faktor ekonomi dan faktor sosial budaya.
Kata Kunci: Produk batik, Hiasan dinding, Laweyan