Abstrak


Pengaruh Opini Audit Tahun Sebelumnya, Rasio Solvabilitas, Rasio Likuiditas dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Penerimaan Opini Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2013-2015)


Oleh :
Tri Hantoro Susilo Wiguno - F.1314084 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh opini audit tahun sebelumnya, rasio solvabilitas, rasio likuiditas dan kepemilikan manajerial terhadap penerimaan opini going concern.
Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel 84 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode data sekunder, berupa laporan keuangan perusahaan pertambangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa opini audit tahun sebelumnya dan rasio likuiditas berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan opini going concern. Disisi lain, variabel rasio solvabilitas dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan opini going concern.
Kata Kunci: opini going concern, rasio solvabilitas, rasio likuiditas, kepemilikan manajerial.