Abstrak


Analisis Beban Kerja Karyawan Reaching Departemen Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar


Oleh :
Eka Aditya Nugraha - F.3513026 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian tentang beban kerja bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi saat proses reaching oleh operator di departemen Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa selama bulan April 2016 dengan menggunakan teknik perhitungan Work Load Analysis serta memperbandingkan dengan hasil produktivitas.
Metode produktivitas dari periode empat minggu di bulan April 2016 dapat diketahui bahwa tingkat produktivitas operator tertinggi pada minggu pertama, yaitu sebesar 3.271 helai/jam dengan hasil 182.349 helai/minggu jika dibandingkan dengan hasil minggu lainnya. Total beban kerja tertinggi pada minggu pertam dengan jumlah 52 jam/minggu jika dibandingkan dengan minggu lainnya. Total beban kerja selama bulan april sebesar 195 jam dari 168 jam per bulan. Tingkat absensi pada minggu pertama dengan jumlah 6,4 % adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan minggu lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah perlu adanya evaluasi pada pekerja Reaching tiap minggu dengan cara membandingkan laporan produksi reaching setiap operator pada setiap minggu serta mengoptimalkan hasil Reaching pada setiap bulan dan penempatan atau layout ruangan pada proses Reaching karena bersebelahan dengan tempat pembersihan dropper dan sisir setelah proses produksi. Perusahaan diharapkan dapat adil pada setiap tenaga kerja Reaching, agar karyawan mendapat jatah motif yang beragam untuk setiap karyawan. Serta tidak perlu adanya tambahan tenaga kerja.
Kata kunci : Produktivitas dan Beban kerja