Abstrak


Kajian Stilistika dalam Serat Tripama Karya KGPAA Mangkunegara IV


Oleh :
Mila Indah Rahmawati - C0112038 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah aspek-aspek pemanfaatan bunyi bahasa dalam Sêrat Tripama?, (2) bagaimanakah aspek-aspek penanda morfologis dan diksi dalam Sêrat Tripama?, dan (3) bagaimanakah penggunaan gaya bahasa dalam Sêrat Tripama?.
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan aspek-aspek pemanfaatan bunyi bahasa dalam Sêrat Tripama, (2) mendeskripsikan aspek-aspek penanda morfologis dalam Sêrat Tripama, dan (3) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam Sêrat Tripama.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data tulis yang meliputi semua satuan bahasa (fonem, morfem, kata, frasa, klausa, kalimat) yang terdapat pada teks têmbang dhandhanggula bait 1-7 dalam Sêrat Tripama. Sumber data penelitian ini berasal dari Sêrat Tripama karya Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV yang berisi teks têmbang dhandhanggula yang disesuaikan dari laman buku elektronik yang berjudul “Buku Sêrat Tripama” oleh Dimas Hendri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, dengan teknik lanjutan berupa teknik catat. Analisis data menggunakan metode distribusional dan metode padan. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal.
Berdasarkan analisis data disimpulkan sebagai berikut. (1) Pemanfaatan bunyi bahasa dalam Sêrat Tripama meliputi asonansi atau purwakanthi guru swara, aliterasi atau purwakanthi guru sastra, dan purwakanthi basa; (2) aspek-aspek penanda morfologis yang terdapat dalam Sêrat Tripama meliputi afiksasi, reduplikasi, sinonimi, antonimi, têmbung plutan, têmbung garba, têmbung camboran, têmbung saroja, penggunaan bahasa Jawa ragam krama, dan penggunaan bahasa Jawa Kuna/ Sanskêrta; (3) penggunaan gaya bahasa dalam Sêrat Tripama meliputi anastrof, hiperbol, simile, eponim, epilet, metonimia, dan inuendo.
Kata kunci: têmbang dhandhanggula, Sêrat Tripama, stilistika.