Abstrak


Penerapan Saluran Distribusi pada Perusahaan Kecap Cap Bawang Ngawi


Oleh :
Andira Fauziyah Kusumawardani - F.35I3012 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Saluran Distribusi dan penerapan Saluran Distribusi yang baik pada Perusahaan Kecap Cap Bawang Ngawi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang merupakan pengumpulan data untuk diuji atau menjawab pertanyaan mengenai yang diterapkan dari subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka.

       Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa saluran distribusi yang diterapkan menggunakan saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Pada saluran distribusi langsung perusahaan Kecap Cap Bawang Ngawi menyalurkan produk langsung ke konsumen, sedangkan saluran distribusi tidak langsung perusahaan Kecap Cap Bawang Ngawi menggunakan perantara pengecer dan agen dalam menyalurkan produknya sehingga sampai ke tangan konsumen. Prosedur barang jadi pada perusahaan Kecap Cap Bawang Ngawi melibatkan lima pihak terkait yaitu bagian pemasaran, bagian penjualan, bagian gudang, bagian adminstrasi, dan konsumen. Jadi dapat di lihat bahwa perusahaan Kecap Cap Bawang Ngawi dalam melaksanakan kegiatan distribusinya sudah melakukan pemisahan fungsi.

       Berdasarkan hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa prosedur saluran distribusi hasil produksi pada perusahaan Kecap Cap Bawang Ngawi sudah baik karena masing-masing sudah menjalankan dan menerapkan fungsi tugasnya yang baik. Saran yang dapat diberikan adalah karena saluran yang digunakan oleh perusahaan Kecap Cap Bawang Ngawi sudah baik, maka saluran distribusi harus tetap dipertahankan  jika memang perlu ditingkatkan dengan baik, serta keterkaitan antar bagian dalam saluran distribusi agar dapat berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Saluran distribusi, produk, perusahaan