Abstrak


Analisis Pengaruh Inflasi, Kurs, dan Suku Bunga Kredit Terhadap Ekspor Mebel di Kota Surakarta Tahun 1990-2014


Oleh :
Citra Murniasih - F.1114009 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini menjelaskan mengenai perkembangan ekspor mebel di Kota Surakarta dan variabel independen yang mempengaruhinya yaitu inflasi, suku bunga kredit, dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika dengan menggunakan data time series tahun 1990-2014. Penelitian ini juga menganalisis hubungan variabel-variabel independen tersebut dalam mempengaruhi ekspor mebel di Kota Surakarta.

Inflasi, nilai mata uang rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, dan Suku bunga Kredit secara serempak berpengaruh signifikan terhadap ekspor mebel di Kota Surakarta tahun 1990-2014 dengan  nilai probabilitas (F-statistic) 0.000134. Dengan  nilai probabilitas 0.000134 < 0.05.

Pemerintah hendaknya selalu berusaha melakukan berbagai kebijakan moneter. Cara pemerintah untuk mengatasi inflasi yang tinggi, Bank Indonesia dapat melakukan kebijakan moneter untuk menurunkan jumlah uang beredar, menjaga kurs mata uang tetap stabil maka Bank Indonesia melakukan kebijakan moneter berupa operasi pasar terbuka, dan pemerintah hendaknya selalu berusaha melakukan berbagai kebijakan untuk mempertahankan tingkat suku bunga kredit modal kerja agar tetap stabil. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan para pengusaha mebel untuk meningkatkan produksinya melalui peningkatan modal kerja dengan melakukan kredit di bank. Sehingga ekspor mebel akan terus meningkat.

Kata kunci : Ekspor mebel Surakarta, variabel ekspor