Abstrak


Hubungan Prestasi Belajar dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Dengan Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Abdul Wahid Arohman - K2512004 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) hubungan prestasi belajar dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta, (2) hubungan kondisi ekonomi orang tua dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta, (3) hubungan antara prestasi belajar dan kondisi ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan teknik yang terdiri dari Pendidikan Teknik Mesin 69 orang, Pendidikan Teknik Bangunan 57 orang, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 52 orang dengan jumlah total sebanyak 178 mahasiswa. Ukuran sampel ditentukan dengan teknik proportionate random sampling dan didapatkan sejumlah 114 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk variabel prestasi belajar, metode angket untuk variabel kondisi ekonomi orang tua dan minat menjadi guru. Uji coba instrumen menggunakan responden sebesar 35 mahasiswa. Uji validitas butir menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji validitas butir dan reliabilitas instrumen menggunakan program SPSS Versi 21.0. Uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi parsial dan regresi linier ganda dengan taraf signifikansi analisis sebesar 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta yang dibuktikan nilai rhitung > rtabel (0,241>0,184) dan nilai signifikansi p < 0,05 (0,010<0,05) dengan sumbangan efektif prestasi belajar sebesar 6,37%; Kedua, ada hubungan negatif kondisi ekonomi orang tua dengan minat menjadi guru pada mahasiswan Pendidikan Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta yang dibuktikan dengan nilai rhitung < rtabel (0,171>0,184) dan nilai signifikansi p > 0,05 (0,070 < 0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 3,43%; Ketiga, ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar dan kondisi ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta yang dibuktikan dengan nilai Fhitung> Ftabel (6,021 > 3,08) dan nilai signifikansi p < 0,05 (0,003<0,05). Total sumbangan efektif variabel prestasi belajar dan kondisi ekonomi orang tua sebesar 9,8% dengan persamaan regresi Y = 41,568 + 15,686X1 + 0,998X2.

Kata Kunci : prestasi belajar, kondisi ekonomi orang tua, minat menjadi guru