;

Abstrak


Perbedaan Pengaruh Latihan Active Stretching, Hold Relax, dan Contract Relax terhadap Fleksibilitas Togok pada Adolescent Ditinjau dari Jenis Kelamin.


Oleh :
Tyas Sari Ratna Ningrum - A121408074 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Fleksibilitas merupakan faktor penting untuk melakukan suatu gerakan baik dalam berolahraga ataupun aktivitas fisik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan pengaruh latihan contract relax, hold relax, dan active stretching terhadap peningkatan fleksibilitas togok pada adolescent, (2) Mengetahui perbedaan peningkatan fleksibilitas togok antara adolescent laki-laki dan perempuan, dan (3) Mengetahui pengaruh interaksi antara jenis latihan (latihan hold relax, contract relax, dan active stretching) dengan jenis kelamin terhadap peningkatan fleksibilitas togok.
Penelitian ini dilaksanakan pada remaja di Universitas „Aisyiyah Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling sesuai kriteria inklusi dan tidak termasuk dalam kriteria eksklusi terhadap 210 adolescent berusia 18-24 tahun yang terbagi menjadi 6 kelompok, 3 kelompok laki-laki dan 3 kelompok perempuan dengan masing-masing anggota 35 orang yang diberikan latihan hold relax, contract relax, dan active stretching.
Teknik analisis data menggunakan ANAVA. Sebelum menguji dengan ANAVA, terlebih dahulu digunakan uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas sampel (Uji Lilliefors dengan a = 0,05) dan uji homogenitas varians a = 0,05. Berdasarkan penelitian hasil analisa data menunjukkan bahwa latihan hold relax memiliki peningkatan yang berbeda dengan latihan contract relax dan active stretching.
Dari hasil uji yang dilakukan diperoleh (1) Sampel perempuan memiliki nilai peningkatan fleksibilitas yang lebih baik disbanding laki-laki dengan nilai F 38853,489 pada taraf signifikasi 5% diperoleh nilai Psig 0,0000,(2) Perempuan lebih meningkat dalam fleksibilitas togok dibandingkan laki-laki ditunjukkan dari hasil nilai F = 11,538 pada taraf signifikasi 5% dengan nilai Psig 0,0000, serta (3) terdapat interaksi yang signifikan antara pengaruh latihan dengan jenis kelamin yang dibuktikan dengan hasil F = 255,978 pada taraf signifikasi 5% dengan nilai Psig : 0,0000.
Kesimpulannya terdapat perbedaan pengaruh latihan active stretching, hold relax, dan contract relax terhadap peningkatan fleksibilitas togok, terdapat perbedaan peningkataan fleksibilitas antara laki-laki dan perempuan, dan tidak terdapat pengaruh interaksi antara jenis latihan active stretching, hold relax, dan contract relax terhadap peningkatan fleksibilitas togok.
Kata kunci : Fleksibilitas, latihan hold relax, contract relax, dan active stretching.