Abstrak


Analisis Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan Ketimpangan Distribusi Pendapatan Antar Kecamatan di Kabupaten Wonogiri


Oleh :
Alvionita Yoshyawati Putri - F0112005 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Dalam penelitian ini terdapat empat tujuan. Tujuan yang pertama adalah untuk mengetahui pola dan struktur pertumbuhan ekonomi antar kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Sedangkan tujuan yang kedua untuk mengetahui ketimpangan distribusi pendapatan antar kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Tujuan yang ketiga untuk melihat bagaimana hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan distribusi pendapatan serta tujuan yang keempat adalah untuk  melihat hubungan antara hasil uji tipologi klassen dan infrastruktur pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

            Dari hasil analisis dapat disimpulkan, berdasarkan analisis tipologi klassen di Kabupaten Wonogiri, klasifikasi kecamatan berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan PDRB per kapita tahun 2009-2013 dengan pendekatan wilayah menunjukkan bahwa terdapat 8 kecamatan yang masuk dalam klasifikasi relatif tertinggal.Ketimpangan pendapatan tergolong rendah, yang mana menggunakan indeks ketimpangan Williamson dihasilkan nilai sebesar 0,226. Hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan distribusi pendapatan tidak terbukti karena hasil korelasi pearson tidak signifikan dan gambar grafik kurva U terbalik tidak terbentuk. Sedangkan hasil uji tipologi klassen dan infrastruktur pada masing-masing kecamatan berhungan.

Kata Kunci: Pertumbuhan ekonomi, Ketimpangan distribusi pendapatan, Tipologi Klassen, Indeks Williamson, Hipotesis Kuznets, Chi Square