Abstrak


Analisis Perbandingan Hukum dalam Sistem Pemilihan Anggota Perwakilan Rakyat Antara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan Rajya Sabha Republik India


Oleh :
Rizda Ardyati - E0012336 - Fak. Hukum

Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan sistem pemilihan anggota perwakilan rakyat antara Dewan Perwakilan Derah Republik Indonesia dengan Rajya Sabha Republik India. Perbandingan tersebut meliputi persamaan, perbedaan, kelebihan, dan kelemahan.Setelah itu mengambil hal-hal yang dapat diadopsi untuk ditranplantasikan ke dalam sistem pemilihan di Indonesia agar lebih baik.

            Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, dengan pendekatan perbandingan. Sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan.

Perbandingan sistem pemilihan anggota perwakilan rakyat antara Dewan Perwakilan Daerah dengan Rajya Sabha terdapat beberapa persamaan dan perbedaan.Dari persamaan dan perbedaan itu dapat diketahui kelebihan dan kelemahan dari masing-masing sistem pemilihan yang dianut.Jika dilihat dari perbandingan antara sistem pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan Rajya Sabha dapat ditemukan beberapa hal yang dapat ditransplantasikan untuk memperbaiki beberapa kelemahan serta kekurangan yang terdapat pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.Hal-hal yang dapat ditransplantasikan dari sistem pemilihan anggota Rajya Sabha Republik India dapat diidentifikasi dari perbedaan-perbedaan yang kemudian memunculkan kelebihan-kelebihan dari sistem pemilihan anggota Rajya Sabha Republik India.Tentu saja tidak semua kelebihan sistem pemilihan anggota Rajya Sabha Republik India tersebut yang diidentifikasi dapat ditransplantasikan karena beberapa diantara ada yang tidak relevan atau tidak cocok untuk dapat diterapkan dalam sistem pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

Kata kunci : Sistem Pemilihan Umum, Perbandingan Hukum.