Abstrak


Analisis Laporan Keuangan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Tahun 2013 – 2015 Serta Laporan Proforma Untuk Periode 2016 – 2018


Oleh :
Nur Dzatu Ummu Khollila - F3313077 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang ditinjau dari rasio likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas selama tahun 2013 – 2015 serta mengetahui proyeksi kinerja perseroan tahun 2016 – 2018 mendatang. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kemajuan atau kemunduran kinerja perusahaan dari periode satu ke periode berikutnya. Metode penelitian menggunakan metode analisis horisontal. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan data sekunder yang diperoleh penulis dari laporan keuangan tahunan perseroan selama kurun waktu tiga tahun yaitu dari tahun 2013 hingga tahun 2015, buku-buku, dan sumber lainnya.

Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk memiliki kinerja yang cukup baik berdasarkan rasio likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitasnya walaupun mengalami fluktuasi selama tahun 2013 – 2015. Pada tahun 2016 – 2018, perseroan diproyeksi masih likuid dan solvable karena memiliki aset yang lebih banyak daripada kewajibannya, namun profitabilitas perseroan diproyeksi akan terus mengalami penurunan.

Berdasarkan hasil analisis, penulis memberikan rekomendasi agar manajemen perseroan mengoptimalkan penjualan pada sektor yang sedang diminati oleh pangsa pasar dalam negeri maupun luar negeri sehingga laba yang diperoleh meningkat. Selain itu, perseroan juga harus mengurangi biaya-biaya yang dikeluarkan pada saat produksi.

Kata Kunci: analisis laporan keuangan, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, proyeksi kinerja