Abstrak


Asuhan Kebidanan Ibu Hamil pada Ny. W G4p3a0 Umur 41 Tahun Hamil 27+4 Minggu dengan Plasenta Previa Totalis di RSUD Pandan Arang Boyolali


Oleh :
Restu Pangestuti - R0313041 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : AKI untuk provinsi Jawa Tengah pada tahun 2014 sebesar 126,55 per 100.000 kelahiran hidup. Di RSUD Pandan Arang Boyolali ibu hamil yang mengalami perdarahan sebanyak 52,63% diantaranya plasenta previa. Tujuan : untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan pada ksasus plasenta previa di RSUD Pandan Arang Boyolali secara komprehensif.

Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ibu hamil G4P3A0 dengan plasenta previa totalis. Tempat : RSUD Pandan Arang. Cara pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen rekam medik. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasar 7 langkah Varney.

Hasil : Ny.W hamil 7 bulan dengan G4P3A0 datang dengan keluhan mengeluarkan darah dari jalan lahir tanpa rasa nyeri secara terus menerus, darah merah segar, hasil USG : implantasi plasenta pada segmen bawah rahim menutupi OUI. Ibu diberikan antifibrinolitik, kortikosteroid, dan bedrest total selama 2 hari. Pada hari ketiga perdarahan tidak juga berhenti dan merasa nyeri pada perut sehingga dilakukan terminasi kehamilan secara SC.

Kesimpulan : Keadaan ibu membaik dan bayi lahir selamat. Tidak terdapat kesenjangan antara teori dengan praktik di lahan dalam asuhan yang diberikan.

Kata kunci : asuhan kebidanan, ibu hamil, plasenta previa totalis