Abstrak


Konstruksi Realitas Berita Insiden di Mina dan Jatuhnya Crane di Mekkah (Studi Analisis Wacana Terhadap Konstruksi Realitas Teks Berita Insiden di Mina dan Jatuhnya Crane di Mekkah Pada Harian Kompas Periode September-Oktober 2015)


Oleh :
Rahma Santi Aditama - D1213058 - Fak. ISIP

Fenomena insiden selama ibadah haji tahun 2015 telah menggemparkan dunia. Peristiwa demi peristiwa terjadi selama ibadah haji. Mulai dari badai pasir yang menyerang Jeddah, jatuhnya crane di Masjidil Haram, kebakaran hotel pemondokan jemaah asal Indonesia, dan insiden saling desak yang terjadi di Mina. Media massa gencar memberitakan fenomena ibadah haji saat itu, dan berita jatuhnya crane di Mekkah dan insiden di Mina merupakan berita yang menjadi sorotan media. Sehingga menarik untuk diteliti bagaimana konstruksi realitas yang dibentuk dalam teks berita seputar kejadian insiden di Mina dan jatuhnya crane di Mekkah pada media surat kabar Harian Kompas periode September-Oktober 2015.

Kompas dipilih sebagai obyek penelitian karena Kompas merupakan media surat kabar nasional yang memberitakan setiap beritanya dengan netral, lugas dan terinci. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fenomena peristiwa selama ibadah haji dikonstruksikan dalam Kompas periode September-Oktober 2015.

Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dengan mengumpulkan data berupa berita-berita yang membahas fenomena ibadah haji pada Harian Kompas periode September-Oktober 2015. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk pada dimensi teks. Teks berita dianalisis berdasarkan elemen-elemen van Dijk yang memiliki tiga komponen struktur wacana, yaitu: struktur makro (tematik), superstruktur (skematik), struktur mikro (semantik, sintaksis, stilistik, retoris). Kemudian data dianalisis secara tekstual untuk memperoleh kesimpulan.

Kesimpulan dari konstruksi realitas dalam teks berita insiden di Mina dan jatuhnya crane di Mekkah adalah adanya kesalahan teknis pada pengoperasian mesin derek dan jemaah yang tidak mematuhi aturan pembagian waktu melempar jumrah. Banyak pihak yang menginginkan adanya perbaikan dalam pengelolaan manajemen ibadah haji. Kompas dengan lugas, detail dan runtut memberitakan setiap informasi yang diperoleh selama ibadah haji.

Kata kunci : analisis wacana, Teun A. van Dijk, insiden di Mina, jatuhnya crane di Mekkah, ibadah haji, Kompas